Dumai- Menyosong dan menyergisitaskan program Pemerintah Provinsi Riau tahun 2020 yang menjadikan Riau the homeland of melayu sebagai pusat ekonomi dan budaya melayu di Asia tenggara pemerintah Kota Dumai mencanangkan muatan lokal budaya melayu Riau di Kota Dumai.

Pencanangan ini dilaksanakan pada apel bersama di halaman kantor eks walikota Dumai Jalan HR Subrantas, Selasa (26/6) yang dihadiri kepala OPD dan sejumlah ASN di Kota Dumai.

Pada apel bersama ini para Aparatur Sipil Negara (ASN) tampak berpakaian melayu teluk belanga dipadu padankan dengan songket.

Para pria tampak mengenakan Tanjak di kepalanya.

Sekretaris Daerah Kota (Sekda) Kota Dumai, M.Nasir yang jadi inspektur upacara mengatakan bahwa upacara ini bentuk komitmen mendukung muatan lokal budaya Melayu Riau. Pencanangan ini juga mendukung terwujudnya Provinsi Riau sebagai pusat perekonomian dan kebudayaan Melayu di Asia Tenggara tahun 2020.

Nasir mengatakan bahwa butuh penerapan muatan lokal di berbagai bidang. Penerapan muatan lokal ini bakal ada di bidang pendidikan. Adanya muatan lokal budaya Melayu Riau ini sebagai bentuk melestarikan budaya Melayu Riau.

Satu catatannya dengan menambah materi muatan lokal Budaya Melayu Riau nantinya ada di jenjang pendidikan formal. Ada beragam materi yang bisa menangkal arus globalisasi.

Dengan ini kita harapkan anak-anak kita sebagai generasi muda pembangunan dapat mengenal budaya melayu yang selama ini kita banggakan sebagaimana pepatah melayu tua yang mengatakan ‘Takkan Melayu Hilang di Bumi’ tambah Nasir.(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>