DUMAI – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Dumai menyelenggarakan Pelaksanaan Pengambilan Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kota Dumai yang dilaksanakan di Gedung Sri Bunga Tanjung (pendopo). Kamis (31/5/2018).

Pengambilan Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil tahun 2018 dipandu oleh Walikota Dumai Dr. H. Zulkifli AS, M.Si, serta diikuti oleh 135 (seratus tiga puluh lima) orang peserta, terdiri dari 83 orang CPNS dan 52 orang PNS. Untuk kategori 52 orang PNS ini adalah bukti tertulis pengambilan sumpah dan janji PNS terjadi kehilangan dan lain sebagainya, sehingga di wajibkan untuk mengambil sumpah dan janji PNS kembali.

Dasar hukum pelaksanaan pengambilan Sumpah/Janji PNS adalah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Pasal 66 ayat (1) “Setiap Calon Pegawai Negeri Sipil pada saat diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil wajib mengucapkan sumpah/janji”, dan Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil Pasal 3 Setiap PNS wajib, pada angka 1 mengucapkan sumpah/janji PNS Kemudian ditegaskan kembali dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Managemen Pegawai Negeri Sipil Pasal 39 ayat 1 yang berbunyi “Setiap Calon Pegawai Negeri Sipil saat diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil wajib mengucapkan sumpah/janji”.

Pengambilan sumpah/janji merupakan hal yang sangat penting karena merupakan suatu ikrar dalam melaksanakan tugas, dan sebagai salah satu usaha untuk menjamin pelaksanaan tugas kedinasan dengan penuh tanggung jawab. Ikrar ini tidak hanya dipertanggungjawabkan kepada pimpinan atau institusi saja, namun juga kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan demikian, bagi PNS yang telah diambil sumpahnya agar dapat menjalankan kewajibannya dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Dumai menyampaikan dalam sambutanya, untuk menjadi PNS saat ini sangatlah sulit butuh perjuangan, kesabaran, dan proses yanh cukup panjang, untuk saat ini bagi PNS yang dilantik pada hari ini berarti sudah menjadi pilihan yang terbaik, untuk itu mohon dijaga nama baik serta status menjadi PNS baik secara kinerja maupun perilaku. Ungkap Wako.

Selanjutnya, PNS diharuskan untuk selalu mengembangkan dan meningkatkan kompetensi, memegang teguh integritas, independensi dan profesionalitas sebagai PNS. Melakukan pekerjaan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab dan keikhlasan, serta semangat yang tinggi, tugas kita sebagai PNS adalah melayani bukan menunggu untuk dilanyani.

Dalam upaya memenuhi tuntutan masyarakat dan pelayanan prima serta menindaklanjuti kebijakan pemerintah untuk melakukan perubahan dalam sistem penyelenggaraan pemerintahan, perlu dibangun sistem pemerintahan yang bersih, efisien, efektif, transparan dan akuntabel dalam melayani dan memberdayakan masyarakat.

Selamat kepada para PNS yang baru saja diambil sumpah dan janjinya semoga menambah semangat dalam bekerja dan menjalankan tugas nya. Tutup Wako. (hms).

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>