Dumai- Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Dumai hendaknya bekerja sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku.

“Jangan terlibat pada kegiatan yang melanggar aturan hukum seperti jadi teroris. Jika terbukti terlibat siap-siap dipecat,” tegas Sekda Kota Dumai HM Nasir kepada awak media kemarin.

Memang kata Nasir, dia belum ada menerima laporan adanya ASN ataupun honorer di lingkungan Pemko Dumai yang terlibat teroris. “Saya harap jangan sampai ada,” ujarnya.

Menurutnya ASN tidak diperbolehkan terlibat dalam kegiatan teroris maupun mendanai, sebab keduanya akan dikenakan sanksi sangat berat hingga pemecatan.

“Kami akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk pengamanan Dumai. Begitu juga dengan kewaspadaan, semua pihak harus berperan untuk saling peduli. Jika ada yang mencurigakan laporkan ke Ketua RT atau pihak kepolisian, ingat jangan main hakim sendiri,” pesan Setda kota Dumai.

“Kalau berani terlibat sindikat teroris siap-siap dipecat, tapi tetap melalui pembuktian di mata hukum, untuk itu saya harap tidak ada ASN lingkungan Pemko Dumai yang terlibat, baik secara fisik, maupun sebagai donatur, ” pintanya.

Dalam kesempatan itu Setda Kota Dumai berpesan agar masyarakat jangan terlalu resah tetap saja beraktivitas seperti biasa. Namun tingkatkan kewaspadaan dalam artian aktifkan pengamanan lingkungan.

Dan jika terbukti ada ASN yang terlibat, maka diberikan sanksi sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS adapun sanksi yang bisa diberikan mulai dari teguran lisan hingga proses pemecatan.

“Sanksi sifatnya kepegawaian jika dia memang terbukti (terlibat terorisme). Sanksinya itu mulai dari teguran lisan, teguran tertulis, sampai dengan pemecatan, itu diatur melalui PP 53 tentang disiplin PNS. Di situ kita akan sampaikan, ada banyak kriteria, termasuk yang terkait dengan komitmen kebangsaan,” ungkapnya.(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>