Dumai- Kegiatan tahunan Dumai Expo dan Panggung Seni Rakyat dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-19 Kota Dumai tahun 2018 di Taman Bukit Gelanggang Dumai secara resmi ditutup Rabu (2/5/18) malam kemarin.

Acara penutupan dilaksanakan Sekda Kota Dumai HM Nasir mewakili walikota Dumai. Forkopimda Dumai, kepala OPD di lingkungan Pemko Dumai, tokoh masyarakat, agama dan tokoh pemuda Dumai serta undangan lainnya hadir dalam acara penutupan tersebut.

Sekretaris Daerah Kota Dumai Ir HM Nasir MP menyebutkan, bahwa Dumai Expo merupakan suatu usaha untuk memajukan ekonomi kerakyatan dalam bentuk produk lokal dan kreatifitas masyarakat.

Selain itu juga sebagai media promosi dan komunikasi strategis tentang investasi dan potensi daerah serta sebagai ajang publikasi seni budaya dan kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kota Dumai.

Dijelaskan, dari Dumai Expo 2018 diharapkan dapat meningkatkan sumber daya alam dan menggugah pemberdayaan masyarakat yang berkeadilan dalam kerangka pembangunan daerah.

“Dengan adanya kegiatan ini kita dapat mempromosikan peluang usaha dibidang industri dan jasa yang ada di Kota Dumai. Karenanya, atas nama pemerintah Kota Dumai mengucapkan terimakasih atas partisipasi seluruh elemen masyarakat Kota Dumai yang mendukung sepenuhnya kegiatan Dumai Expo yang diselenggarakan tahun ini,” ujarnya.

Menurutnya, kedepan agar kegiatan Dumai Expo dan Panggung Seni Rakyat dapat dikemas lebih menarik lagi, sehingga dapat meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kota Dumai.

“Semoga memberi nilai tambah yang tinggi serta harus kita manfaatkan semaksimal mungkin karena melalui event ini nantinya akan terbuka peluang untuk meningkatkan minat investasi, pemasaran produk-produk unggulan serta pemberdayaan Usaha Kecil Menengah,” katanya.

Sementara pada pembukaan Dumai Expo, Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi mengucapkan selamat datang kepada seluruh masyarakat dan tamu undangan. “Mudah-mudahan, kehadirin kita semua memberikan makna lebih bagi kemaslahatan masyarakat secara umum,” katanya.

Menurut Walikota Dumai, kegiatan Dumai Expo dan Pnggung Seni Rakyat merupakan jamuan kedaerahan sebagai tanda rasa syukur atas Ridho Allah SWT, yang telah mengantarkan Dumai menjadi Kota Madya yang selanjutnya disebut kota berdasarkan Undang Undang Nomor 16 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kota Madya Daerah Tingkat II Dumai.

“Kini Insya Allah akan kita wujudkan Visi dan Misinya. Ini semua terjadi karena jasa pendahulu daerah ini. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, saya atas nama Pemerintah Kota Dumai memberikan apresiasi dan rasa hormat tinggi kepada beliau-beliau para perintis, pelopor dan pejuang serta pendahulu daerah ini. Kini kita semua telah menikmati buah dari hasil perjuangan mereka, Alhamdulillah,” katanya.

Sementara Katua Panitia Dumai Expo dan Panggung Seni Rakyat sempena Hari Jadi ke-19 Kota Dumai Ir Hendri Sandra melaporkan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan menumbuhkembangkan rasa memiliki kota Dumai dalam upaya memperkuat perekonomian global.

Sedangkan peserta terdiri atas OPD di ingkungan Pemko Dumai, dunia usaha, UMKM Kota Dumai, dan pihak lain yang turut berpartisipasi menyukseskan kegiatan tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Panitia Penyelengaraan Pameran dan Event Organizer, para kalangan importer dan dunia usaha yang telah menyumbangkan segalanya untuk terselenggaranya acara ini, dan pihak-pihak lain yng tidak dapat saya sebutkan satu persatu serta seluruh peserta Dumai Expo 2018 serta Pagelaran Panggung Seni Rakyat dapat berlangsung sebagai mana kita saksikan pada malam hari ini,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, panitia Dumai Expo menyerahkan hadiah dan penghargaan kepada para pihak yang turut berpartisipasi menyukseskan acara tersebut. Termasuk sejumlah tokoh dan pejuang kota Dumai juga diberikan penghargaan dan piagam.(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>