Dumai- Proyek infrastruktur air bersih di Kota Dumai memasuki proses tender pada Juli 2018 mendatang. Target awal proses pembangunan fisik sudah berlangsung pada akhir tahun 2018 mendatang.

Proses pembangunan infrastruktur air bersih bakal menggandeng pihak swasta. Program ini bakal berpadu dengan program SPAM Regional (Dumai, Rokan Hilir dan Bengkalis).

Air Sungai Masjid menjadi air baku dalam pengolahan air bersih di Dumai.”Kita targetkan Juli sudah tender. Jadi akhir tahun ini pengerjaan infrastruktur air bersih sudah bisa dimulai,” terang Ketua Percepatan Air Bersih Kota Dumai, M Nasir, Minggu (29/4/2018).

Menurutnya, pembangunan infrastruktur air bersih di Dumai tidak menggunakan anggaran pemerintah. Ada skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Pemerintah Kota Dumai bisa menganggarkannya di APBD. Kondisi ini lantaran keterbatasan anggaran daerah.

Nasir menyebut awalnya pada tahun 2017 ada sembilan rekanan yang mendaftarkan diri. Enam di antaranya sudah mengajukan penawaran. Tiga di antara rekanan akhirnya terseleksi menjadi satu rekanan sebagai pemrakarsa yakni Adhi Karya-Adharo Tirta.

Rekanan yang menjadi pemrakarsa juga ikut dalam lelang terbuka pada Juli mendatang. Jelang proses lelang bakal ada proses DED pada Juni 2018. Proyek ini memasang target produksi air hingga 750 liter/detik pada 2023 mendatang.

Wali Kota Dumai, Zulkifli AS mengatakan bahwa hampir tiga tahun memimpin Dumai ada program unggulan pembangunan belum optimal. Ia mengaku secara perlahan dan bertahap menuntaskan satu persatu program unggulan yang ada.

Proyek air bersih jadi prioritas program unggulan di lima tahun kepemimpinannya bersama Wakil Wali Kota Dumai, Eko Suharjo.

“Kita coba tuntaskan satu persatu. Hal ini tentu butuh dukungan dari semua pihak,” terang Zul AS lewat sambutannya pada Pengukuhan Ikatan Keluarga Pasaman Dumai, Minggu (29/4/2018).

Proyek infrastruktur air bersih di Kota Dumai memasuki proses tender pada Juli 2018 mendatang. Target awal proses pembangunan fisik sudah berlangsung pada akhir tahun 2018 mendatang.

Proses pembangunan infrastruktur air bersih bakal menggandeng pihak swasta dan program ini bakal berpadu dengan program SPAM Regional (Dumai, Rokan Hilir dan Bengkalis).(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>