DUMAI – Melaluai Sambutan Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli AS, M.Si, dalam rangka upacara memperingati “Hari Jadi ke-19 Kota Dumai Tahun 2018”. Bertempat dilapangan upacara Kantor Walikota Dumai Jl. Tuanku Thambusai Kelurahan Bagan Besar Kecamatan Bukit Kapur. (27/04/2018) adalah Suatu momen yang sangat penting sebagai refleksi “dari mana kota ini berasal, dan hendak kemana kota ini dibawa”.

Peringatan Hari Jadi ke-19 Kota Dumai sebagaimana kita selenggarakan pada hari ini, adalah suatu momentum atau peristiwa yang sangat penting dan bersejarah bagi segenap lapisan masyarakat Kota Dumai. Hal ini ditandai dengan suasana penuh kegembiraan dan kekeluargaan menghiasi setiap sudut dan penjuru Kota. Sudah barang tentu, peringatan Hari Jadi ini mengembalikan memori kita kepada amal bakti dan jasa-jasa para pejuang otonomi Kota Dumai, sehingga kita merasakan makna kebebasan mengatur diri sendiri dalam bingkai otonomi, buah dari hasil kerja keras dan keuletan dari pendahulu kita tersebut.

Tepat pada 19 tahun yang lalu, maka tugas panjang yang memerlukan berbagai pengorbanan para pejuang dan pendiri Kota Dumai ini selesai sudah. Tugas kita bersama generasi masa kini untuk terus mensyukuri, memelihara dan melanjutkan apa yang telah dicapai tersebut. Kita menyadari bahwa sebanyak yang telah kita capai, maka akan lebih banyak lagi yang harus kita upayakan demi mencapai cita-cita pembagunan yang telah kita rencanakan. Jalan yang akan kita tempuh masih panjang, perjalanan untuk mencapai cita-cita masa depan yang gemilang itu, harus terus digesa dan tidak boleh berhenti, bak kalimah sakti dalam kebudayan Melayu,”Sekali Layar Terkembang, Surut Langkah Kita Berpantang”.

Perlu dipahami bersama bahwa prinsip pemberian otonomi yang seluas-luasnya kepada daerah merupakan bagian integral dari kebijakan nasional, sehingga kebijakan daerah baik dalam bentuk peraturan daerah maupun kebijakan lainnya harus sejalan dengan prioritas dan tujuan nasional. Otonomi daerah pada intinya daerah diharapkan dapat memanfaatkan kearifan lokal, potensi, inovasi, daya saing dan kreativitas daerah dalam rangka menciptakan masyarakat yang sejahtera.

Oleh karenanya, sangat bijak jika Hari Jadi yang setiap tahun kita laksanakan ini kita jadikan wahana refleksi untuk melakukan serangkaian evaluasi atas apa yang sudah kita laksanakan dalam berkontribusi memberikan warna dalam pembangunan Kota Dumai tercinta.

Secara fisik dan ekonomi, kesehatan, pendidikan dan kesempatan kerja bagi masyarakat, Kota Dumai memang telah jauh berkembang pesat sejak berdirinya 19 tahun yang lalu. Namun, itu semua perlu diimbangi oleh tingkat perkembangan di bidang sosial budaya yang memadai. Untuk itulah, kita menetapkan tema Hari Jadi ke-19 Kota Dumai, yakni “Sempena Hari Jadi Ke-XIX Kota Dumai Tahun 2018 Bersama Kita Mewujudkan Negeri Beradab, Negeri Santun, Negeri Harmonis Yang Berbudaya”. Karena kita meyadari, pembangunan fisik tanpa diimbangi dengan membangun masyarakat yang menjunjung tinggi adab, kesantunan dalam bertindak yang merupakan pola budaya yang tinggi dengan bersendikan nilai-nilai agamis, hanya akan menghasilkan pembangunan yang kurang memiliki makna.

Tema ini mengandung filosofi untuk mengajak segenap anak negeri, bahu membahu, bersatu padu dengan tidak membedakan asal usul, besar dan kecil, namun bersama-sama membangun negeri ini dengan tetap mengakar pada budaya leluhur yang telah terbukti berpihak pada kemanusiaan itu sendiri. Kesemuanya ini tentu berpangkal tolak dari generasi muda yang berpikiran maju sekaligus menjunjung tinggi nilai budaya.

Inilah gambaran komitmen kita bersama untuk menjadikan keragaman sebagai suatu harmoni untuk saling membahu dan bergandeng tangan membangun generasi yang sadar akan nilai kehidupan bersama, sadar akan kelebihan dan kekurangan diri, memiliki kemampuan dan kebiasaan yang baik, cerdas, serta mampu berpikir dan bertindak positif. Dengan harapan, mampu menghasilkan generasi yang kreatif dalam menghadapi tantangan arus budaya global melalui kearifan lokal, selalu mempunyai empati tinggi, memiliki kejujuran dan kesetiaan, tidak mengenal lelah, jauh dari rasa jenuh untuk mewujudkan tujuan yang hendak dicapai.

Kota Dumai tentunya dihadapkan pada berbagai persoalan, baik permasalahan ekonomi, politik dan sosial kemasyarakatan yang sangat kompleks. Namun demikian, kita juga harus menatap kedepan dan menjadikan Peringatan Hari Jadi ini sebagai momentum untuk lebih menyatukan visi dan persepsi, serta meningkatkan persatuan dan kesatuan, sehingga menjadikan suatu penuntun dan kekuatan agar daerah ini lebih baik dan lebih maju. Dirgahayu ke-19 Kota Dumai. Semoga kota kita mampu mewujudkan segala apa yang kita cita-citakan serta sejajar dengan kota-kota maju lainnya di Indonesia.(hms).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>