DUMAI – Pemerintah Kota Dumai dapat bantuan mobil perpustakaan keliling dari Pemerintah Pusat melalui Perpustakaan Nasional RI, Kamis (19/4/2018). Bantuan ini untuk meningkatkan minat baca masyarakat Dumai.
Mobil perpustakaan keliling yang diserahkan oleh kepala pusat pengembangan pustakawan Nasional Opung Sumiati diterima langsung walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Dumai, Suriyanto, SP di kantor eks walikota Jalan HR Sorbrantas Dumai.
Walikota Dumai menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan bantuan mobil perpustakaan keliling.
“Mobil ini akan kita memanfaatkan dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan minta baca masyarakat Dumai,” kata Walikota.
Menurut wako, program perpustakaan keliling di Kota Dumai selama ini telah berjalan dengan baik. Dimana tiap-tiap kelurahan secara bergantian mendapat giliran sebagai tujuan perpustakaan keliling. Termasuk ke sekolah – sekolah SD dan SMP.
“Saya berharap semakin tingginya minat baca masyarakat dapat meningkatkan SDM masyarakat Dumai menuju Smart City,” harap wako.
Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Dumai, Suriyanto, SP mengatakan, bantuan ini usulan dari Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai yang telah diusulkan pada 2017 lalu.
“Alhamdulillah usulan kita diterima dan mendapat bantuan mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional tujuannya untuk meningkatkan minat baca masyarakat serta mewujudkan Dumai sebagai Smart City,” kata Suriyanto.
“Selain mobil perpustakaan keliling, kita juga dapat bantuan 800 eksemplar buku dengan 400 judul. Proyektor, LCD TV, Laptop dan alat pemancar WiFi, total bantuan mencapai Rp 500 juta,” tambah Suriyanto.
Hingga saat ini total mobil perpustakaan keliling yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Dumai sebanyak 4 unit, mobil tersebut sudah melayani 15 Kelurahan termasuk pelajar SD dan SMP.
Terakhir, Kepala pusat pengembangan pustakawan Nasional Opung Sumiati mengatakan, mobil perpustakaan kekiling bantuan Pemerintah Pusat melalui Perpustakaan Nasional RI yang dibeli menggunakan anggaran APBN 2017.
“Harapan kami mobil ini dijaga dengan baik dan dimanfaatkan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Dumai,” tukasnya

. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>