DUMAI – Walikota Dumai, Drs Zulkifli As Msi membuka kegiatan Workshop Peningkatan Kualitas dan Peran Perempuan Sebagai Kepala Keluarga yang dirahasiakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Dumai, pada Selasa (17/4/2018) di Ballroom Hotel Grand Zuri Dumai.
Dalam sambutannya Walikota Dumai menyampaikan adapun tujuan dari dilaksanakan nya kegiatan workshop tersebut merupakan salah satu usaha yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Dumai untuk membantu membuka wawasan dan memberi motivasi serta dukungan kepada para perempuan sebagai kepala keluarga ataupun perempuan sebagai pencari nafkah yang berkualitas.
“Besar harapan saya kedepannya dengan diadakan kegiatan ini bisa membentuk para perempuan yang berkarakter dan mampu memberikan sumbangsih yang besar bagi pembangunan bangsa ini khususnya Kota Dumai,” jelasnya.
Ia juga menambahkan, perlu diingatkan bahwa dalam melakukan aktivitas untuk mendukung program pemberdayaan kaum perempuan ini Walikota menekankan kepada semua elemen masyarakat khususnya kaum perempuan Kota Dumai Untuk tetap menjaga kodratnya sebagai perempuan yang memang sudah digariskan untuk mengurus rumah tangga mendidik anak-anak dan sebagai Suri rumah tangga bagi suami.
“Hal ini bermakna bukankah kita membatasi namun menempatkan segala sesuatunya sesuai dengan posisi masing-masing,” imbuhnya.
Kegiatan tersebut juga dimaksudkan dalam rangka mencapai target Indonesia Sejahtera tahun 2025 dan generasi emas tahun 2045. Pemerintah menargetkan masyarakat Indonesia Sejahtera yaitu tercukupinya sandang, pangan, dan rasa aman.
Untuk mewujudkan harapan tersebut perlu penanganan persiapan kebijakan yang sistematis, termasuk sistematis dalam pengolahan sumber daya manusia berkualitas melalui pencapaian pembangunan ketahanan keluarga.
Sumber daya manusia Indonesia yang tinggi baik perempuan maupun laki-laki, anak perempuan maupun anak laki-laki, diharapkan mampu berdaya saing dalam menghadapi tantangan globalisasi ekonomi dan informasi.
Untuk itu Prioritas pembangunan nasional yang dimuat di dalam Nawacita dan rencana pembangunan nasional jangka menengah adalah pembangunan sumber daya manusia.
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Dumai, Dameria menyampaikan bahwa adanya perempuan sebagai kepala keluarga yang mencari nafkah, mengelola rumah tangga, dan mengambil keputusan dalam keluarga, yang keberadaannya tidak sepenuhnya diakui. Baik dalam sistem hukum yang berlaku maupun dalam sosial masyarakat serta kedudukan perempuan dalam masyarakat dan perannya dalam membangun perlu terus untuk meningkatkan partisipasi dalam memberi sumbangan yang sebesar-besarnya bagi pembangunan bangsa dengan kodrat dan bakat serta martabatnya sebagai perempuan.
“Bahwa di Kota Dumai terdapat sekitar lebih kurang 9 Ribu lebih jiwa yang menjadi kepala keluarga adalah seorang perempuan,” ujarnya.
Kegiatan ini diikuti sekitar seratus orang perempuan perwakilan seluruh kelurahan yang ada di Kota Dumai, yang berperan sebagai kepala keluarga. Kegiatan ini diikuti baik perempuan sebagai orang tua tunggal maupun perempuan sebagai tukang punggung keluarga.
“Dari kegiatan ini kami berharap perempuan dapat menjadi pribadi yang lebih tangguh, berkarakter, memiliki wawasan dan keterampilan, guna keberlangsungan ketahanan keluarga,” pungkasnya.

(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>