DUMAI – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Dumai mengelar kegiatan pelatihan teknisi komputer, teknisi pendingin udara, dan instalasi listrik arus kuat.
Kegiatan ini dilaksanakan melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja.
Acara dibuka oleh Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo SE di aula pertemuan kantor Disnakertrans Dumai, Senin (26/3/2018).
Hadir pada kesempatan itu Kepala Disnakertrans Dumai H Suandi diwakilkan oleh Kabid Pelatihan dan penempatan Irwan dan Kabid Hubungan Industrial dan Syarat Kerja Muhammad Fadly.
Pelatihan tersebut dilaksanakan selama 30 hari kerja dimulai 2 April 2018. Masing-masing kegiatan diikuti 16 orang peserta kecuali instalasi listrik arus kuat diikuti 26 peserta.
Instruktur pelatihan teknisi komputer berasal dari lembaga pendidikan komputer, untuk latihan teknisi pendingin udara instrukturnya dari Asosiasi Praktisi Pendingin dan Tata Udara Indonesia.
Kadisnakertrans Dumai H Suandi menjelaskan, pelatihan ini dilaksanakan merupakan wujud nyata kepedulian Pemerintah Kota Dumai terhadap masyarakat Dumai khususnya untuk meningkatkan kompetensi peserta pelatihan.
“Pelatihan ini dilaksanakan merupakan wujud nyata kepedulian Pemerintah Kota Dumai terhadap masyarakat Dumai khususnya untuk meningkatkan kompetensi peserta pelatihan,” kata Suandi.
Lanjutnya, pelatihan tersebut dilakukan dalam upaya mempersiapkan tenaga skill untuk masing-masing bidang sehingga dapat bekerja di perusahaan atau menjadi wirausaha sesuai bidangnya.
“Di samping itu kegiatan ini dalam rangka menekan angka pengangguran di Kota Dumai,” tukasnya

.

Sementara Wawako Dumai Eko Suharjo SE dalam sambutannya menyambut baik dilaksanakannya kegiatan pelatihan

ini.

“Atas nama Pemko Dumai saya menyambut baik dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi masyarakat khususnya bagi peserta pelatihan,” kata Wawako.
Pesan wawako, peserta harus serius mengikuti kegiatan tersebut. “Seluruh peserta harus serius menhikuti pelatihan ini dan fokus serta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Disnakertrans Dumai sehingga ilmu yang disampaikan instruktur dapat di serap untuk meningkatkan SDM, ” harap Wawako.
Lanjutnya, setelah mengikuti kegiatan ini para peserta agar mampu mengaplikasikan ilmunya seperti membuka jasa servis AC, teknisi komputer, mari menjadi wirausaha jangan hanya berharap menjadi karyawan di salah satu perusahaan.
“Menjadi pegawai ada batasnya. Kalau punya usaha, kita bisa berkembang terus. Maka dari itu kembangkan terus kemampuan dan keterampilan yang ada pada diri kita, jangan pernah berhenti belajar dan ikuti terus pelatihan yang ada untuk meningkatkan kompetensi diri,” pesan wawako.

(hms)**

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>