Dumai- Wakil Walikota Dumai Eko suharjo mengingatkan agar rencana pembangunan 2019 yang akan disusun lebih mengakomodir aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui ketua RT, kelurahan dan kecamatan. Sehingga pembangunan yang direalisasikan tepat sasaran dan menuai manfaat.
Musrenbang Penyusunan RKPD Tahun 2019 merupakan momentum penting, karena tahun 2019 adalah tahun ke empat pemerintahan walikota Dumai H Zulkifli AS dan Wawako Eko Suharjo dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Dumai 2016 – 2021.
Lanjutnya, Sejalan dengan hal tersebut, harus memperhatikan dan memiliki tanggungjawab untuk meningkatkan akselerasi pembangunan dalam mendukung pencapaian terhadap visi pembangunan jangka menengah daerah Kota Dumai Terwujudnya Masyarakat Dumai Yang Makmur dan Madani Pada Tahun 2021.
Tentunya penjabaran dari RPJMD ke RKPD Tahun 2019 melalui Musrenbang RKPD tahun ini harus dapat meningkatkan kesatuan antara program dan kegiatan tahunan yang lebih terpadu, komprehensif transparan dan bersinergi dalam mencapai visi Kota Dumai tersebut.
Musrenbang merupakan rangkaian proses strategis yang dibangun sebagai wahana untuk berdiskusi, berembuk atau melakukan tukar pikiran dan pendapat antar pemangku kepentingan, baik pemerintah, akademisi, swasta, organisai kemasyarakatan, maupun masyarakat yang menjadi momentum penting dalam mengkomodir usulan- usulan pembangunan dari bawah.
Jangan hanya mengedepankan aspek top down planning, melainkan mengakomodir pula pendapat, saran, masukan, dan pemikiran-pemikiran positif dari bawah atau lebih dikenal dengan bottom up planning.
Dia menekankan kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kota Dumai, agar dalam menyusun perencanaan pembangunan daerah tahun ini memperhatikan hal – hal ini
Pedomani Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kota Dumai Tahun 2016 – 2021, terkait dengan target tujuan dan sasaran yang harus dicapai serta strategi dana arah kebijakan yang telah ditetapkan untuk tahun 2019;
Perencanaan pembangunan harus diselaraskan dengan prioritas pembangunan Provinsi Riau dan prioritas pembangunan Nasional Tahun 2019 dengan jalan mempedomani rencana strategis kementerian dan rencana strategis (Renstra) Kementerian atau Lembaga dan OPD di Provinsi Riau, agar terjadi sinkronisasi antara kegiatan yang diusulkan pada tahun 2019 dengan agenda pembangunan nasional dan prioritas pembangunan Provinsi Riau yang sinergi dengan pembangunan di Kota Dumai.
Serta bangun komunikasi secara intensif dengan DPRD dan OPD di Provinsi Riau serta kementerian terkait guna mendapatkan dukungan pembiayaan dari APBD Provinsi Riau maupun APBD, dengan membawa dokumen pendukung serta data-data yang benar, lengkap dan akurat

.(hms)**

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>