Dumai – Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo mendorong adanya sistem penjaminan mutu pendidikan agar seluruh proses penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan standar mutu.

Mutu pendidikan dasar dan menengah adalah tingkat kesesuaian antara penyelenggaraan pendidikan dengan standar nasional pada pendidikan dasar menengah, dan penjaminan mutu pendidikan suatu mekanisme sistematis, terintegrasi, dan berkelanjutan.

“Sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah untuk pengendalian penyelenggaraan pendidikan oleh satuan pendidikan sehingga terwujud mutu dan tujuan,” kata Eko di sela pembukaan sosialisasi penjaminan mutu pendidikan, Kamis.

Sistem penjaminan mutu pendidikan juga untuk menjamin pemenuhan standar pada satuan pendidikan secara sistemik, holistik, dan berkelanjutan, sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu pada satuan pendidikan secara mandiri.

Untuk mencapai tujuan, perlu dilakukan upaya membuat sistem aplikasi informasi berbasis online untuk memadukan data satuan pendidikan dengan rapor mutu di masing satuan pendidikan.

“Sistem ini juga memberikan informasi lebih lanjut mengenai analisis, rekomendasi serta indeks efektivitas pencapaian nilai standar nasional pendidikan,” sebutnya.

Sosialisasi ini diharapkan fungsi dan tujuan dapat tercapai, dan dengan keterbatasan anggaran agar dapat mengejar sumber pendanaan di provinsi maupun pusat serta dana swasta.

Kegiatan sosialisasi digelar oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Riau, dihadiri Kepala LPMP Provinsi Riau Mulyatsyah, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai Ridwan.(hms)**

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>