Dumai- Kendati harus berjalan kaki dengan kondisi badan jalan berlumpur di Kelurahan Batu Teritip, Sungai Sembilan, walikota Dumai gembira melihat keberhasilan masyarakat dalam pertanian.

Walikota Dumai Drs. H Zulkifli AS bersana forkompinda, Kadis Ketahanan Pangan, Camat Sungai Sembilan dan Lurah Batu Teritip melakukan panen raya padi di Sungai Sepit RT 09 Kelurahan Batu Teritip, Kamis (01/03/2018).

Tidak hanya melakukan panen raya padi, tetapi wako didampingi Wakil Ketua DPRD Dumai H Zainal Effendi menyerap aspirasi masyarakat perbatasan antara Rokanhilir dan Dumai.

Banyak masukan yang disampaikan masyarakat ke pemerintah baik berupa pembangunan maupun pertanian. “Semuanya itu. Masukan sangat penting untuk dibahas ditingkat pemerintahan dan DPRD,” ujar wako.

Program pertanian dalam rangka meningkatkan swasembada pangan Kota Dumai sekaligus meningkatkan taraf perekonomian masyarakat petani, Pemerintah Kota Dumai Melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian terus mengupayakan agar program program tersebut terus terwujud.

Panen raya padi salah satu binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai dengan luas lahan sekitar 600 hektar.

Adapun jenis padi yang ditanam masyarakat didaerah tersebut adalah jenis padi lokal, padi lahan kering dan padi pulut, menurut para petani hasil panen raya padi tahun ini cukup memuaskan walaupun dipertengahan masa panen sempat terkena serangan hama, musim kemarau dan air laut pasang tinggi, sehingga sebahagian lahan padi terkena air asin yang mengakibatkan rusak pada batang.

“Saya senang berada disini, alhamdulillah sambutan masyarakatnya pun penuh kekeluargaan, “tutur wako.

Mengenai hasil panen raya padi ini sudah bagus, kendala-kendala yang terjadi merupakan hal biasa, jika seandainya hasil panen belum mencapai yang di harapkan petani jangan cepat kecewa karena semua telah diatur oleh yang maha kuasa, namun untuk kedepanya mari kita perbaiki bersama, mudah-mudahan ada sulusi baik dari Pemerintah maupun dari para petani.

Usai panen raya padi, masyarakat Sungai Sepit RT 09 menjamu Walikota Dumai dan rombongan makan siang bersama disalah satu rumah warga, dengan hidangan nasi yang berasal dari padi hasil tanaman masyarakat Sungai Sepit yang telah diolah.

Selain Walikota Dumai turut hadir wakil ketua DPRD Zainal Abidin, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Hadiyono, Kakan Pade Suryanto, Camat Sungai Sembilan Zulkarnaen dan Lurah Batu Teritip. (hms/awi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>