DUMAI – Mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau ini, Pemerintah Kecamatan Dumai Timur mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan dan tidak melakukan aktivitas bakar lahan.

Camat Dumai Timur Arifin mengatakan, masyarakat hendaknya lebih waspadai potensi terjadinya kebakaran lahan ini, mengingat sejumlah kelurahan di wilayahnya rentan terjadi karlahut.

“Sejumlah kelurahan rawan kebakaran lahan dan kita harus mencegah terjadinya karlahut ini karena kini masuk musim kemarau, terutama warga memiliki lahan agar lebih waspada,” kata Arifin pada pers, Kamis.

Camat Arifin juga mengingatkan masyarakat untuk tidak membuka kebun dengan cara membakar, karena akan berdampak buruk bagi lingkungan dan manusia serta merugikan kesehatan.

Kewaspadaan terhadap kebakaran lahan ini juga penting bagi warga dan pemilik lahan agar tidak berhadapan dengan hukum akibat membuka kebun dengan cara membakar dan akhirnya menyebabkan bencana asap.

“Banyak peringatan untuk diambil pelajaran, misalnya tanpa sengaja pemilik lahan harus berhadapan dengan hukum, dan diharapkan kerjasama semua menangkal karlahut ini,” imbaunya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Dumai kini mulai berupaya memadamkan titik api di lokasi karlahut, yaitu di Kelurahan Tanjung Penyembal ditaksir 20 hektare dan 5 hektare di Kelurahan Bukit Timah.

Sekretaris BPBD Dumai Muhammad Ridho menyebut, lahan sudah terbakar sejak beberapa hari terakhir, dampak dari cuaca panas, dan upaya pemadaman dibantu satu perusahaan.

“Petugas masih bekerja keras mengendalikan api agar tidak menyebar luas membakari lahan sekitar, dan kita dibantu peralatan dari perusahaan peduli,” kata Ridho.

Upaya pemadaman karlahut bekerjasama dengan TNI Polri dan Manggala Agni, dan BPBD sebagai koordinator penanganan juga akan menggelar rapat koordinasi dengan instansi teknis untuk penetapan status siaga.

Penetapan status diperlukan untuk diusulkan ke Pemerintah Provinsi Riau agar dapat disetujui dilakukan pemadaman dengan menjatuhkan bom air di lokasi kebakaran lahan tersebut.(hms/dean)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>