DUMAI – Walikota Dumai H Zulkifli AS minta pemerintah pusat segera menurunkan helikopter water bombing untuk mencegah meluasnya kebakaran hutan dan lahan di Kota Dumai.

“Kami minta pemerintah pusat segera menurunkan helikopter water bombing untuk mencegah meluasnya kebakaran hutan dan lahan di kota dumai,” kata Walikota Dumai, Rabu (21/2/2018).

Dari laporan yang diterima kebakaran lahan di Jalan Dumai Motor Kecamatan Medang Kampai terus meluas. Lokasi kebakaran berada jauh di tengah hutan dan sulit dijangkau. “Untuk itu kita minta bantuan heli water bombing,” katanya.

Menurut Walikota saat ini sudah ada helikopter bantuan PT Sinarmas yang melakukan water bombing, namun belum cukup membantu memadamkan api. Jika ada tambahan dari BNPB maka proses pemadaman kita harapkan dapat berjalan dengan cepat.

“Surat keterangan status siaga bencana karlahut di kota dumai kemarin sudah saya tandatangani dan langsung disampaikan ke pemerintah pusat melalui BNPB. Mudah-midahan langsung di respon dan bisa mengirimkan heli untuk water bombing,” harap Wako.

Dijelaskan, Karlahut yang terjadi di Dumai akan terus menjadi perhatian ekstra pemerintah agar musibah kabut asap yang terjadi pada tahun 2015 lalu tidak terulang lagi tahun ini hingga tahun-tahun depannya. Sebab itulah status siaga ditetapkan selama 75 hari mulai 20 Februari sampai 5 Mei 2018.(hms)**

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>