DUMAI – Lahan padi seluas 50 hektare di Kelurahan Tanjung Penyembal Kecamatan Sungai Sembilan masuki musim panen, dan Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo berharap kebutuhan beras masyarakat lokal bisa tercukupi.

Eko mengaku bangga dengan petani Dumai bisa menghasilkan tanaman pokok untuk kebutuhan masyarakat, karena selama ini bergantung pada pasokan beras dari sejumlah kabupaten tetangga dan provinsi lain.

“Diharapkan kedepan hasil pertanian lebih baik dan dapat memenuhi kebutuhan beras warga lokal sehingga kita tidak lagi bergantung dengan daerah lain,” kata Eko, Senin.

Pertanian padi oleh Kelompok Tani Tunas Harapan dan Duku Jaya binaan Kodim 0320 Dumai ini, diharap juga kedepan bisa menjadi produsen dan pemasok kebutuhan pokok ke daerah lain.

Dikatakan, peningkatan hasil pertanian petani secara tidak langsung akan mengangkat taraf perekonomian petani dan keluarga menjadi lebih sejahtera, dan pemerintah sangat mengapresiasi dukungan Kodim 0320 dalam membina petani.

Dia mendorong warga petani untuk bangga dan tidak malu jadi petani, karena hasil diraih apabila dikerjakan dengan serius dan tekun tentu menjadi lebih baik dan membantu penyediaan pangan bagi masyarakat lain.

“Pemerintah kini fokuskan menanam komoditas padi jagung dan kedele sebagai kebutuhan pangan, karena itu kita terus meningkatkan pembinaan ke 300 kelompok tani serta mendorong partisipasi swasta,” sebutnya.

Panen raya padi di Kelurahan Tanjung Penyembal Kecamatan Sungai Sembilan diselingi juga dengan peragaan penggunaan mesin pertanian combine harvester untuk melatih petani menggunakan alat modern.(hms)**

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>