DUMAI – Awal tahun 2018, harga beras mengalami kenaikan. Kenaikan mulai Rp 500/Kg kategori beras medium sampai Rp 1.000/Kg untuk kategori beras premium.

Beras medium yang sebelumnya dijual seharga Rp 8.000/Kg kini menjadi Rp 8.500 sampai dengan Rp 9.000/Kg. Sedangkan beras premium yang awalnya seharga Rp 12.000/kg kini dijual Rp 13.000/kg sampai dengan Rp 14.000/Kg.

“Mengatasi kenaikan harga beras, Dinas Perdagangan dan Bulog Kota Dumai akan menggelar operasi pasar.” Kata Kadis Perdagangan Kota Dumai H Zulkarnaen, Rabu (24/1/2018).

Operasi pasar akan dilaksanakan akhir pekan ini di pasar Kelakap Jalan Kelakap Tujuh Kecamatan Dumai Barat. “Jika tidak ada halangan, operasi pasar akan dilaksanakan akhir pekan ini di pasar Kelakap Tujuh Kecamatan Dumai Barat,” tambahnya.

Dalam Operasi pasar dijual beras kelas medium Rp 8.100/Kg. Tujuannya untuk menstabilkan harga beras di pasaran yang saat ini mengalami kenaikan. Operasi pasar akan dilaksanakan per Kecamatan se Kota Dumai sampai harga beras kembali normal.

Terkait kenaikan harga beras ini, Zulkarnaen menjelaskan bahwa Kenaikan harga beras telah dirasakan sejak Desember 2017 lalu. Adapun kenaikan yang paling dirasakan masyarakat adalah beras kategori medium dan Premium.

Hasil pantauan di lapangan kenaikan disebabkan lambatnya proses pendistribusian beras dari daerah asal seperti Sumbar menuju Dumai. Dan ini rata-rata untuk beras premium.

Terakhir Zulkarnaen mengatakan bahwa dalam operasi pasar jumlah pembelian beras dibatasi. Per orang hanya boleh membeli maksimal 5 Kg beras dengan harga sekitar Rp 8.100/Kg.

Terkait Stok beras untuk kebutuhan Kota Dumai, Zulkarnaen mengaskan bahwa stok beras di Dumai aman hingga enam bulan ke depan. “Untuk stok beras masih aman sampai rnambulan ke depan,” pungkasnya.(hms/dean)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>