DUMAI – Wali Kota Dumai Zulkifli As menyurati Gubernur Riau terkait banyaknya persoalan ketenagakerjaan di daerah belum selesai dan mengingat fungsi pengawasan dialihkan ke Disnaker Provinsi Riau.

Langkah ini dilakukan Pemerintah Dumai mengingat daerah ini banyak beroperasi pabrik perusahaan dan kawasan Industri, sehingga tidak sedikit muncul persoalan ketenagakerjaan bersifat normatif.

“Agar permasalahan ketenagakerjaan dapat segera diatasi, kami minta segera ditempatkan pegawai pengawas ketenagakerjaan di dumai,” kata Zul As kepada pers, Rabu.

Permintaan Pemerintah Dumai ke Gubernur Riau agar ditempatkan pegawai pengawas ini tertuang dalam surat Nomor 756/ 059/ Disnakertrans tertanggal 8 Januari 2018.

Menurutnya, banyaknya perusahaan industri di Dumai membuat persoalan ketenagakerjaan terus terjadi, namun tak bisa diselesaikan lantaran kewenangan beralih ke pemerintah provinsi.

Padahal diketahui Kota Dumai merupakan salah satu kawasan industri di Provinsi Riau dengan puluhan hingga ratusan perusahaan berdiri di sepanjang pesisir pantai daerah ini.

Pengalihan kewenangan pengawasan ini merujuk pada Undang-Undang (UU) No 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang sudah berlaku, bahwa kewenangan menangani pelanggaran bersifat normatif menjadi tanggungjawab pegawai pengawas Disnakertrans Provinsi.

“Kondisi itu membuat permasalahan ketenagakerjaan di dumai sulit diatasi, dan kita inginnya bagaimana bidang pengawasan ketenagakerjaan ditempatkan disini,” sebutnya.

Kepala Bidang Pengawasan dan Hubungan Industrial Disnaker Dumai Muhammad Fadly menyebut, meski kewenangan pengawasan berpindah ke provinsi, namun ketika ada persoalan ketenagakerjaan, tetap kantor disnaker yang didatangi.

“Kami tak berwenang lagi menangani pelanggaran ketenagakerjaan khususnya menyangkut hak normatif karena pengawasan sudah diambil alih provinsi,” sebutnya.(hms)**

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>