Dumai- Pemerintah Kota Dumai menggelar rapat diskusi Paparan Wakil Ketua 3 Tim terpadu tentang laporan paska pemindahan pedagang di Pasar Kelakap Tujuh, kota Dumai, Kamis (18/2/2018) di aula Disprindag pasar kota Dumai.

Sekda kota Dumai M.Nasir MP memimpin jalannya rapat koordinasi yang dihadiri oleh Wakil Walikota dumai Eko Suharjo,SE dan Staf Ahli setdako Dumai H.Amirudin.

Kadisprindag Zulkarnain menjelaskan ” Sekitar 181 pedagang bakal pindah ke pasar tersebut pada pertengahan Januari 2018 ini. Kebanyakan adalah pedagang eks Pasar Dock Yard. Pihak dinas memprediksi pasar ini bisa menampung 400 pedagang”ujarnya Zulkarnaen.

Selanjutnya kadis prindag menambahkan” Kami rencana penambahan jaringan listrik hingga saluran air. Tapi terkendala anggaran,”pungkasnya kadis prindag

Sementara itu Sekda kota Dumai M.Nasir MP menyebutkan sebelumnya Pemko Dumai sudah melakukan sosialisasi terkait relokasi pedagang ke Pasar Klakap Tujuh akhir pekan kemarin.

“Kami sudah melakukan sosialisasi kepada pedagang untuk pindah ke pasar Kelakap Tujuh dan tidak berdagang lagi dipinggirkan jalan HM Thamr (eks Jalan Dock Yard) dengan berbagai cara mulai dari mendatangi langsung pedagang maupun pemasangan spanduk,” ujar Nasir.

Selanjutnya sekda menambahkan” meski sudah melakukan himbauan namun pedagang masih memilih berdagang ditepi jalan daripada pindah ke Pasar Klakap Tujuh, Ada juga sebagian pedagang pindah ke Pasar Gedang”.

Sementara itu Kasat Pol PP Bambang Wardoyo mengatakan” Mereka berupaya menambah kelengkapan dan fasilitas di pasar. Pihak dinas berusaha melengkapi fasilitas di pasar agar pedagang dan pengunjung lebih nyaman. Mereka fokus untuk membenahi fisik kios, lapak dan los di sana.” ujarnya bambang wardoyo

Sementara itu Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo,SE menghimbau agar Dinas Perdagangan Dumai menyebar surat edaran terkait rencana pemindahan pedagang ke Pasar Klakap Tujuh, Kota Dumai akhir pekan kemarin.”

Petugas dari Dinas Perdagangan Dumai memasang spanduk imbauan agar pedagang di tepi Jalan MH Thamrin atau Jalan Dock Yard pindah ke Pasar Klakap Tujuh, Kota Dumai pada pekan kedua Januari 2018.

” Pemindahan ini juga sesuai Keputusan Walikota Dumai No.820/Disperindag-PADU/2017 tanggal 29 Desember 2017 dan ini harus dilaksanakan secepatnya,” ujar Eko.

” Rencananya para pedagang akan direlokasi ke pasar yang dibangun dari dana Kementrian Perdagangan. Bila lapaknya kurang, sebaiknya ditambah. Kita tentu tidak ingin ada yang belum dapat lapak,” ujarnya.(hms/dms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>