DUMAI – Pemerintah Kota Dumai terus berupaya secepat mungkin menyediakan air bersih bagi masyarakat Dumai.  Saat ini pemerintah tengah menggesa program penyediaan air bersih. Progam-program tersebut seperti SPAM Regional Durolis yang saat ini sedang dibangun. 

Program ini ditargetkannya baru  bisa dinikmati masyarakat pada 2019 mendatang dengan penyediaan air bersih 150 liter/detik. Pembangunan SPAM Regional ini bakal dilaksanakan secara bertahap hingga 2030. 

Selain itu pemerintah Kota Dumai juga sedang menggesa Program Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha. Bahkan ada sekitar 9 perusahaan yang berminat mengajukan proposal sehingga akhirnya ditetapkan perusahaan PT Adi Karya  sebagai pemakarsa.

Menurut rencana program ini akan mulai dikerjakan pada awal 2018 sehingga Pemerintah Kota Dumai menargetkan masyarakat bisa menikmati penyedian air bersih pada 2018 mendatang. “Jadi kami tidak berdiam diri, kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk penyediaan air bersih,” ujar Walikota Dumai Zulkilfli As didampingi Sekda Kota Dumai, Muhammad Nasir.

Ia mengatakan untuk sumber air baku yang bakal di jadikan air bersih untuk program SPAM Regional Durolis adalah sungai Rokan Hilir, sementara untuk program kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) sumber air bakunya adalah Sungai Masjid. “Kami harapkan dua progam itu bisa memenuhi kebutuhan  air bersih bagi masyarakat,” tuturnya.

Diakuinya memang permasalah air bersih memang menjadi salah satu program yang sudah dimasukkan dalam RPJMD Kota Dumai.

 “Intinya kami berusaha semaksimal mungkin untuk penyediaan air bersih bagi masyarakat Dumai, namun karena ini memang program yang memerlukan dana yang cukup besar, makanya program harus dilakukan secara bertahap,” tutupnya.(hms/dean)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>