DUMAI – Sebanyak 241 personel Polres Dumai disiapkan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018 dalam Operasi Lilin Siak 2017, dimulai 23 Desember hingga 1 Januari 2018.

Wakil Kapolres Dumai Kompol Dhana Ananda Syahputra mengatakan, operasi lilin mengutamakan pengaturan, penjagaan lalulintas keamanan, kelancaran, mengamankan natal dan tahun baru.

Pengamanan difokuskan di ada enam objek, meliputi 86 gereja, pusat berbelanjaan, jalur utama, pelabuhan, perbankan, gundang dan tempat rekreasi.

Pelaksanaan Operasi Lilin Siak 2017 Polres Dumai terdiri dari 166 pengamanan gereja, 75 pos pengamanan dan pos pelayanan dengan melibatkan petugas gabungan, ialah dinas perhubungan, pemadam kebakaran, dinas kesehatan, satuan polisi pamong praja dan unsur TNI.

“Polisi siap melaksanakan operasi lilin siak dalam rangka pengamanan natal dan tahun baru, karena itu diminta dukungan dan kontribusi pihak terkait lain dalam mengamankan kegiatan masyarakat agar dapat berjalan aman, lancar dan terkendali,” kata wakapolres kemarin.

Dikatakan, untuk memberikan rasa kenyamanan dan keamanan, masyarakat Dumai atau pendatang mesti memperhatikan pengamanan dan mewaspadai minuman keras, senjata api dan petasan.

Polres Dumai membentuk 3 pos pelayanan di Pelabuhan Roro Kelurahan Purnama, Pelabuhan Pelindo Dumai Jalan Datuk Laksama, Pos Pelayanan Terminal AKAP, ditambah dua pos pengamanan di Jalan Jenderal Sudirman dan Simpang Perwira Jalan Soekarno-Hatta.

Sementara, Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo menyatakan siap mendukung kepolisian dalam pelaksanaan Operasi Lilin Siak 2017, dan meminta instansi pemerintahan terkait agar saling berkoordinasi guna menekan potensi gangguan atau yang meresahkan.

“Pemko Dumai siap bekerjasama dan berkoordinasi dalam pelaksanaan operasi lilin ini dalam rangka mewujudkan situasi ketertiban dan keamanan kondusif,” sebut Eko.

“Dengan rapat lintas sektoral ini kita harapkan situasi Dumai selama perayaan natal dan tahun baru berlangsung kondusif sesuai harapan kita semua,”lingkar Eko.(hms/dean)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>