Dumai- Wakil walikota Dumai Eko Suharno membuka secara langsung kegiatan pemberdayaan Satlinmas dalam pengamanan swakarsa di Kota Dumai, Selasa (28/11) di hotel Comforta Kota Dumai. 

Kegiatan Pemberdayaan Satlimas ini dilaksanakan oleh Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Riau. Pelaksanaan Pemberdayaan Satlinmas oleh Satpol Provinsi Riau di Kota Dumai ini yang pertama dilaksanakan di luar Kota Pekanbaru tepatnya di Kota Dumai.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Dumai, menyambut baik dilaksanakannya kegiatan Pemberdayaan Satlinmas Dalam Pengamanan Swakarsa Di Kota Dumai yang diselenggarakan oleh Satpol PP Provinsi Riau dan mengambil tempat di Kota Dumai kali ini. Tidak lupa saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para peserta yang hadir saat ini yang mana dengan kesibukan saudara untuk melayani masyarakat kepada saudara juga dituntut untuk aktif dalam membangun serta menciptakan ketentraman dan ketertiban diwilayah kena saudara sebab ketentraman, ketertiban serta keamanan merupakan hal yang mendasar untuk kita dapat melaksanakan pembangunan,” ujar Wakil walikota Dumai Eko Suharjo.

Dikatakan Wawako, Pemberdayaan Satlinmas dan masyarakat dalam pengamanan Swakarsa ini dimaksudkan untuk meningkatkan peran pemerintah khususnya peran Camat, Lurah di Kota Dumai untuk terus mengayomi masyarakat dalam konteks bernegara maupun sebagai warga negara yang aktif dalam upaya menciptakan lingkungan aman, tertib dan lancar sehingga aktifitas masyarakat dalam menjalankan usaha untuk kehidupannya dapat terus berjalan sebagaimana yang diharapkan.

Untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap keamanan serta kenyamanan dilingkungannya tidak dapat tumbuh begitu saja tanpa ada dorongan dan kepemimpinan serta lembaga yang menaunginya seperti RT, RW, Desa Kelurahan, dan sebagainya.

Kita sering menyalahartikan bahwa kehadiran Satlinmas tersebut hanya untuk pemilu saja, tentunya hal ini menyalahi akan hakikat sejarah lahirnya Satlinmas ditengah-tengah masyarakat. Namun kita menyadari pasang surutnya perjalanan perkembangan linmas dari dahulu hingga sekarang.

“Didalam UU No. 23 tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah khususnya pasal 12 huruf e menyebutkan bahwa urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar meliputi ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat.  Selanjutnya dalam pasal 155 ayat 1 menyebutkan Satuan Polisi untuk menegakkan dan Perkada, menyelenggarakan Perda dan ketentraman ketertiban umum  serta menyelenggarakan pelindungan masyarakat,” terang Eko.

Sehubungan dengan hal tersebut, dalam rangka mengisi kekosongan hukum terkait penyelenggaraan perlindungan masyarakat di daerah, Kementerian Dalam Negeri telah mengeluarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat.

“Dalam peraturan tersebut diatur agar Pemerintah Daerah dalam hal ini Lurah atau Kepala Desa segera membentuk Satlinmas Desa Kelurahan yang secara ex-officio Kasatlinmas Desa Kelurahan dijabat oleh Lurah Kepala Desa,” tambahnya.

Kita menyadari Satlinmas Kelurahan sampai saat ini belum terbentuk oleh karenanya melalui pemberdayaan yang pada kesempatan  ini kiranya dapat segera diupayakan pembentukannya dengan berpedoman pada Peraturan Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat.

Tidak berapa lama lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi yaitu pemilihan kepala daerah yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, begitu juga di Provinsi Riau. Tahapan pilkada akan segera berlangsung yang puncak pelaksanaanya nanti dilaksanakan pada pemilihan di tahun 2018. Dan tentunya kita semua berharap agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan aman, sukses, tertib dan lancar sebagaimana yang kita harapkan.

Namun dengan demikian aparatur negara perlu juga kita mewaspadai berbagai kemungkinan ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang mungkin timbul pada setiap tahapan pilkada hingga prosesnya bisa terus kita kawal dari awal  akhir.

Saya yakin jika kita terus bekerja keras untuk mensukseskan pesta demokrasi yang kita laksanakan saya yakin pekerjaan ini akan kita lalui dengan baik.(hms/ijan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>