Dumai- Membentuk muslim yang berkarakter da’i serta mengajak masyarakat untuk lebih mencintai agama Islam, menjalin silaturahmi, memperkokoh tali persaudaraan, menyatukan langkah dan berpegangan tangan bahu membahu dalam menyatukan ummat dan berdakwah untuk mengenalkan Allah Kader Hidayatullah Kota Dumai menggelar kegiatan halaqoh muharram yang dipusatkan di pondok pesantren Hidayatullah, Kelurahan Bukit Timah, Kota Dumai, Sabtu (30/9)

Halaqoh Muharram ke III kader hidayatullah se sumatera yang rencananya berlangsung selama 3 hari ini diikuti oleh kader luar daerah asal Sumatera mulai dari Provinsi Aceh, Jambi, Sumatra Selatan, Sumatra Utara, Lampung, Bangka Belitung, Riau dan sejumlah daerah lainnya.

Mewakili Pemerinhtah Kota Dumai Asisten III Mustafa Kadir membuka secara resmi kegiatan yang diikuti oleh ratusan kader Hidayatullah tersebut.

Pada sambutannya Mustafa Kadir mengatakan bulan muharram merupakan salah satu bulan yang dihormati, ada banyak kemuliaan yang diberikan Allah SWT di bulan yang diharamkan untuk perang ini dan semoga kita meraih ampunan dan mendapatkan keistimewaan keistimewaan bulan ini. 

” Terkait apa yang terjadi di akhir-akhir ini, kohesifitas masyarakat Indonesia banyak mengalami gangguan yang disebabkan oleh masalah-masalah keagamaan, politik, sosial, ekonomi dan lain-lain sehingga terjadi kerenggangan, bahkan ada konflik di tengah-tengahmasyarakat. 

Maka ummat sangat butuh untuk dibimbing kerah yang benar dalam menjalankan kehidupan ini agar tetap pada tujuan sebenarnya yakni meraih Ridho Alah swt dalam hidup, maka yang kita butuhkan adalah Da’i-Da’i dan alim ulama yang mampu memberikan dakwah serta menjadi contoh teladan bagi kita semua,” katanya


Ditambahkannya ” Berbicara tentang dai, peran dai sangat penting bagi kemaslahatan ummat. Ummat akan menjadikannya sebagai contoh, mengingat bahwa semakin maraknya kajian-kajian islami yang ada dan berkembang saat-saat ini menunjukkan betapa ummat Islam sangat mencintai agama ini,”.

Ummat mulai mengerti betapa pentingnya untuk terus belajar memperdalam ilmu agama. Maka disinilah peran Da’ sangat dibutuhkan sehingga ummat dapat terus belajar memperbaiki diri.

” Menjadi Da’i dapat dikatakan menjadi pemimpin ummat yang  bukan berarti tidak memiliki kekurangan namun yang perlu perhatikan adalah tujuan kita dalam berdakwah. Niat kita dalam menyampaikan, maka penting sekali bagi kita semua untuk menyamakan persepsi dan tujuan dalam berdakwah. Agar satu-setujuan,” terangnya.

Yang paling penting dalam menyatukan persepsi dalam langkah meraih tujuan ini adalah komunikasi yang baik dan salah satu tujuan halaqah ini adalah untuk menjalin silaturahmi, memperkokoh tali persaudaraan, menyatukan langkah, berpegangan tangan bahu membahu dalam menyatukan ummat dan berdakwah untuk mengenalkan Allah. 

” Sesungguh dakwah bukan hanya tugas ulama, dai, ustad, namun merupakan kewajiban bagi kita semua, karena kelak kita akan ditanya dihadapan Allah tentang amanah ini. Oleh karena itu saya mewakili Pemerintah Kota Dumai sangat senang sekali dan mendukung sepenuhnya segala aktifitas dakwah yang dapat membimbing ummat,” urai Mustafa.

Besar harapan kedepannya Indonesia khususnya masyarakat Muslim Kota Dumai dapat terus menjadi pribadi yang mencintai agama ini, berakhlak mulia.

Semoga melalui halaqah ini kita dapatmengkokohkan kerjasama kita dalam menncapai cita – cita kita bersama.
Saya mewakili Pemerintah Kota Dumai juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang berperan hingga terlaksananya acara ini. Semoga kedepannya  Kota Dumai semakin baik, maju, dan diridhoi oleh Allah. Semoga Halaqoh ini dapat terus terlaksana kedepannya. Kepada seluruh masyarakat Kota Dumai, agar dapat terus berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan yang positif ini, dan kepada seluruh generasi muda agar terus giat belajar terutama dalam mempelajari ilmu agama, karena sebaik-baiknya bekal yang dibawa kehadapan Allah kelak adalah amal yang dlakukan dengan ilmu,” pungkas Mustafa Kadir.(boy/hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>