Kota Dumai raih penghargaan Indonesia’s Attractiveness Award (IAA) 2017 dari Tempo Media dan Frontier Consulting Grup, kategori Potensial terbaik.
Penghargaan ini merupakan yang pertama, Kota Dumai termasuk kategori potensial dengan indeks diatas rata -rata 67.45 sebagai kota yang sangat potensial dalam pembangunan ekonomi indonesia dengan peringkat gold


Mewakili Walikota Dumai, Asisten I H Hamdan Kamal menerima penghargaan pada acara Malam Penganugerahan Indonesia Attractiveness Award 3017, di Westin Jakarta, Juma’at (29/09/17).

Menurut catatan, penilaian penghargaan ini dilakukan terhadap kota/kabupaten yang lolos nominasi. Penentuan nominasi itu sendiri dilakukan dengan 3 indikator, yaitu kontribusi PDRB terhadap PDRB provinsi di atas 2o% atau PDRB di atas rata-rata PDRB koridor, kedua pertumbuhan PDRB lebih besar dari rata-rata pertumbuhan koridor atau PDRB perkapita lebih besar dari rata-rata PDRB perkapita Koridor, dan yang ketiga kabupaten/kota yang tidak lolos indikator pertama dan kedua tetapi mendapatkan penghargaan IAI 2015.

Dari ketiga kriteria tersebut terdapat 136 kabupaten/kota yang lolos nominasi, dan Kota Dumai termasuk dalam kategori Kota Potensial untuk dapat menarik minat para investor berbagai industri dan pelaku bisnis beragam sektor untuk turut memajukan perekonomian daerah

Pengukuran IAI 2017 menggunakan empat dimensi yaitu investasi, infrastruktur, pariwisata dan pelayanan publik. Seluruh dimensi penilaian dilakukan berdasarkan data sekunder dan data primer, kecuali pelayanan publik yang dinilai berdasarkan data primer. Data sekunder untuk dimensi investasi, infrastruktur dan pariwisata berasal dari berbagai instansi seperti BKPM, BPS, BI, dan kementerian-kementerian. Sedangkan untuk data primer dilakukan dengan cara mystery calling terhadap 12 institusi di masing-masing kota/kabupaten serta melakukan analisis digital dan medsos.

H Hamdan Kamal mewakili Walikota Dumai pada Penganugerahan IAA 2017 di Jakarta

Seusai menerima penghargaan tersebut Assisten I Hamdan kamal mengucapkan rasa syukurnya atas diraihnya penghargaan tersebut. “Alhamdulillah ini menunjukkan perubahan di Kota Dumai, saya tidak bilang sempurna tetapi sudah membaik,” Ujarnya.
“Sebenarnya Kota Dumai bisa meraih Kota Investasi terbaik di Indonesia, mungkin krn Permasalah RTRW dan kurang nya ekspos dari pemerintah sehingga Dumai belum banyak di ketahui dari pelaku bisnis” tambah nya. (dean/hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>