DUMAI – Menjadi salah satu bandara yang mulai sibuk dengan kegiatan transportasi udara, Bandara Pinang Kampai akan dilakukan pengembangan kawasan dan peningkatan fasilitas publik bersama Pertamina RU II dalam rangka peningkatan pelayanan jasa transportasi udara. Hal itu dikatakan langsung oleh walikota Dumai H. Zulkifli AS.
Menurutnya, sejumlah kesepakatan pemerintah dan pertamina diantaranya, meningkatkan fasilitas publik di bandara dan menambah panjang landas pacu pesawat serta memperluas areal parkir pesawat.
“Antara pemerintah dan pertamina sudah disepakati bahwa pertamina siap meningkatkan fasilitas publik bandara dan infrastruktur penting lain,” kata Zulkifli belum lama.
Rencana perluasan itu, lanjutnya, mengingat perkembangan penerbangan komersil semakin membaik di bandara itu, dan perluasan areal parkir pesawat agar bisa disinggahi lebih banyak pesawat terbang.
Pemerintah Dumai, lanjutnya, mendukung penuh rencana peningkatan fasilitas dan pengembangan kawasan di Bandara Pinang Kampai karena memiliki prospek bagus dan potensi bisnis.
“Keberadaan bandara akan menguntungkan dumai karena posisi strategis dan menjadi pilihan utama masyarakat serta pelaku bisnis dalam pelayanan transportasi udara, dan diharapkan secepatnya terealisasi,” sebutnya.
Ditambah lagi keberadaan belasan pabrik perusahaan industri skala besar menengah beroperasi di bagian pesisir pantai Dumai sehingga bandara sangat mendukung mobilitas pelaku usaha.
Data Otoritas Bandara PK, jumlah kunjungan penumpang pesawat terus meningkat dan mulai banyak diminati masyarakat, dengan rata-rata mencapai 200 orang per hari, dan dilayani tiga maskapai, yaitu Trans Nusa, Wings Air dan Pelita Air dengan rute Dumai-Jakarta, Dumai-Pekanbaru, Dumai-Medan dan Dumai Batam pulang pergi.(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>