Dumai- Memasuki bulan september 2017 serapan penggunaan APBD ( Anggaran Pendapatan Belanja Daerah ) Dumai tahun sudah mencapai 60 persen dari total APBD Dumai Rp 1,14 Triliun.

Walikota Dumai Zulkifli As mengatakan saat ini masih 60 persen  anggaran  yang digunakan untuk menjalankan program pemerintah. Meski demikian Walikota tetap  optimis bisa menyerap anggaran tepat waktu dan maksimal. Pasalnya,sejumlah kegiatan dan program sudah dilakukan.
Menurut dia jumlah tersebut sudah termasuk belanja rutin pegawai, lelang proyek dan sebagainya. ” Tahun ini tidak banyak proyek pembangunan.”
Untuk meningkatkan serapan hingga akhir tahun, SKPD didorong atau sudah diingatkan untuk melaksanakan program kerja tepat waktu.Sebab mereka sudah menyusun anggaran sesuai kegiatan maka tidak ada alasan untuk enggan menyerap anggaran yang ada.
“Terus laksanakan serapan anggaran sesuai dengan program yang sudah dibuat dan jika terjadi keraguan koordinasi dengan tim TP4D untuk mendapatkan masukkan terkait suatu pengerjaan,” ujar Walikota.
Apalagi tahun ini setiap dinas diberi plafon,sehingga pemerintah kota langsung melakukan efisien anggaran.
” Terbatasnya anggaran kegiatan terpaksa dikurangi, mulai dari rapat, SPPD hingga  tenaga honor. Kondisi ini dilakukan karena minimnya anggaran pemerintah daerah.Besar kemungkinan kondisi rendahnya apbd akan terjadi ditahun depan.(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>