Dumai- Usai memimpin upacara detik detik Proklamasi Republik Indonesia ke-72, Walikota Dumai H. Zulkifli AS beserta istri Hj. Haslinat Zulkifli AS dan unsur Forkopimda Kota Dumai menghadiri perayaan HUT RI di Rumah tahanan negara (Rutan) Kelas II B kota Dumai, Kamis (17/8).

Dalam kesempatan tersebut walikota Dumai secara simbolis juga menyerahkan dokumen remisi kepada 4 orang warga binaan Rutan Dumai yang mewakili 606 orang napi yang juga ikut memperoleh remisi.

“Remisi HUT RI ke72 ini merupakan hadiah bagi warga binaan yang memang sudah ditunggu tunggu untuk mengurangi masa hukuman yang mereka terima,” ujar Zul AS.

Dikatakannya ” Selamat kepada warga binaan yang mendapatkan remisi pada HUT RI tahun ini dan kepada tahanan yang dapat remisi langsung bebas agar nantinya tidak lagi mengulangi perbuatannya saat berada di luar. Cari kerja yang baik untuk memenuhi kebutuhan hidup,”.

Sementara itu Kepala Rutan Dumai Edi Mulyono mengatakan pada perayaaan HUT RI 72 kali ini, sebanyak 606 warga binaan menerima remisi umum, empat diantaranya menerima bebas murni.

Selain 4 warga binaan yang mendapat remisi bebas lanjutnya menjelaskan, sebanyak 602 warga binaan lainnya mendapatkan masa potongan hukuman mulai 1 hingga 5 bulan.

“Sementara itu sebanyak 236 SK warga binaan yang mendapatkan remisi telah dikeluarkan, dan sisanya akan menyusul,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk saat ini Rutan Dumai telah menampung sebanyak 923 warga binaan yang dinilai sudah over kapasitas, dimana daya tampung hanya sebanyak 256 warga binaan. 

Usai menyerahkan remisi Walikota Dumai beserta istri, Unsur Pimpinan DPRD Dumai dan Forkompida menyaksikan hasil karya seni dan pertanian warga binaan Rutan Dumai.

Walikota Dumai juga sempat mencoba kursi yang terbuat dari bambu hasil kerajinan para warga binaan Rutan kelas II B Dumai.(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>