Dumai – Pencanangan PKK-KB-Kes Tingkat Pripinsi Riau Tahun 2016 diselenggarakan di Kota Dumai, bertema ” Dengan Kesatuan Gerak PKK ke 44 Tahun 2016 Kita Wujudkan Kinerja Gerak PKK Melalui Penguatan Dasa Wisma”. Kamis (17/11) Gedung Sri Bunga Tanjung Pendopo jalan Putri Tujuh.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk tercapainya sasaran peningkatan cakupan pelayanan yang adil dan berkualitas dalam program pemberdayaan kesejahteraan keluarga. Banyak yang telah dicapai melalui kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan namun masih memerlukan upaya konkrit dalam memberikan kontribusi yang nyata terhadap cakupan pelayanan KB dan Kesehatan tersebut.

Pencanangan kegiatan kesatuan gerak PKK-KB-Kes yang sedang dilaksanakan ini, mempunyai makna strategis dalam rangka mensuksekan salah satu program kependudukan keluraga berencana dan pembangunan keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

Pada hakekatnya meningkatkan derajat kesehatan dan pola hidup sehat serta membangun keluarga kecil bahagia, sejahtera merupakan modal awal dalam membangun sember daya manusia yang tangguh, untuk mencapai keluarga berkualitas sesuai dengan visi misi program KB Nasional.

Pada tahun 2016 di Kota Dumai pencapaian KB baru berdasarkan perkiraan permintaan masyarakat (PPM) untuk metode KB jangka panjang (MKJP) berjumlah 677, sedangkan untuk Non -MKJP tercatat berjumlah 11.357 aseptor. Jika dibandingkan pada tahun sebelumnya untuk pencapaian sedikit menurun yang disebabkan faktor usia dan pemahaman masyarakat yang belum sepenuhnya membaik.

Pemerintah Kota Dumai dalam sambutan Walikota Dumai Drs. H Zulkifli AS, M.Si menyampaikan, kita melihat sudah ada pergeseran orientasi, saat ini kita tidak hanya mengatur tingkat kelahiran saja, kedepan mari bersama kita meningkatkan kemampuan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Walikota Dumai juga menyapaikan bahwa pertumbuhan pembangunan infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi akan sulit terlaksana, tanpa adanya dukungan dari masyarakat itu sendiri, untuk itu sangatlah penting jika diimbangi dengan pengendalian jumlah penduduk.

“Semakin banyak jumlah anggota keluarga semakin banyak tuntutan kebutuhan, keluarga butuh sandang, pangan serta kebutuhan pendidikan, penomena ini mengakibatkan beban yang ditanggung tulang punggung keluarga terasa sangat berat, kita merasakan Dumai pada saat ini, maka dari itu hendaknya kepada masyarakat perlu pemahaman yang positif terhadap program pemerintah tentang Pencanangan KB dan Kesehatan ini”. Ungkap Wako.

Kegiatan Pencanangan PKK-KB-Kes ini juga bertujuan meningkatkan peran dan fungsi serta memberdayakan TP PKK sebagai mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan yang berpungsi sebagai fasilitator, perencanaan, pelaksana dan penggerak pembangunan pada setiap tingkatan.

Pencanangan PKK-KB-Kes Tingkat Propinsi Riau Tahun 2016 dibuka secara resmi oleh Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli AS, M.Si serta didampingi Wakil Walikota Dumai Eko Soeharjo, SE, Ketua TP-PKK Kota Dumai Hj. Haslinar Zulkifli AS, Kepala BKKBN Propinsi Riau dan Perwakilan BKKBN RI ditandai dengan pemukulan GONG.

Dengan dilaksakanya Pencanangan PKK-KB-Kes Tingkat Provinsi Riau yang diselenggarakan di Kota Dumai, diharapkan Program KB di Kota Dumai selayaknya mendapat perhatian dalam program kesejahteraan keluarga kecil bahagia, sejahtera dan mandiri, sehingga dapat menjadi kekuatan pembangunan diberbagai sektor. (hms).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>