Dumai – Dalam rangka mendukung Program Pemerintah yaitu Peningkatan Sumberdaya Manusia Berkualitas khususnya di Kota Dumai, Walikota Dumai dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Dumai Dr. H. Said Muatafa, M.Si mengukuhkan kepengurusan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional Tingkat Kota Dumai. Rabu pagi (28/12/2016) di Gedung Pendopo Sri Bunga Tanjung jalan Putri Tujuh Dumai.

Sebagai tanda dimulainya acara, Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kota Dumai Ir. H. Syafizal, M.Sc menyampaikan sambutanya bahwa, tujuan pembentukan FORIKAN Kota Dumai adalah untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat. Perbaikan gizi melalui konsumsi ikan akan berdampak langsung kepada perbaikan kualitas sumberdaya manusia dan sekaligus peningkatan ekonomi para pihak yang terlibat.

Beberapa kegiatan dalam FORIKAN Kota Dumai, antara lain: Merumuskan bentuk-bentuk komunikasi edukatif kepada masyarakat tentang kandungan gizi ikan dan manfaat mengkonsumsi ikan, cara memilih, menangani dan mengolah ikan yang benar. Menjadikan ikan sebagai sumber protein utama dalam menu makan keluarga. Dengan memanfaatkan semua potensi untuk berpartisipasi aktif dalam gerakan peningkatan konsumsi ikan, serta meningkatkan posisi politis ikan Kota Dumai khususnya.

Selanjutnya, Ketua FORIKAN Kota Dumai Hj. Haslinar Zulkifli AS mengatakan, peran dan tanggung jawab yang diberikan tidak akan berjalan dengan baik tanpa ada dukungan dari pihak-pihak yang terlibat, kemudian penting juga adanya respon stakeholders terkait agar tujuan dapat tercapai.

Walau demikian FORIKAN Kota Dumai tetap berupaya keras dan siap membantu mewujudkan Program Pemerintah dalam Pembangunan Sumberdaya Manusia berkualitas khususnya Kota Dumai melalui Gerakan Makan Ikan. Dan pada hari ini juga akan melantik 7 (tujuh) orang ibu-ibu Camat sebagai perpanjangan tangan ditingkat Kecamatan .

Ketua FORIKAN Hj. Haslinar Zulkifli menambahkan, perlu diketahui bersama untuk Kota Dumai telah meraih jauara 1 (satu) lomba masak serba ikan tingkat propinsi dan kedepan menjadi perwakilan ketingkat nasional.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Dumai dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Dumai Dr. H. Said Mustafa, M.Si dalam pidatonya mengatakan, berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan pada tanggal 20 September nomor 29 Tahun 2006. Organisasi ini merupakan suatu wadah yang dibentuk dengan tujuan untuk menyatupadukan gerak dan langkah semua unsur terkait (stakeholders) dalam rangka mendorong peningkatan konsumsi ikan nasional.

Sebagai salah satu sumber protein hewani, ikan yang terdiri dari aneka species mengandung omega 3 tertinggi dan gizi yang sangat lengkap, selain itu, telah dibuktikan dengan berbagai penelitian antara lain bahwa ikan yang berkualitas akan meningkatkan kecerdasan, meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh serta mengandung energi positif yang tinggi untuk mencegah stress dan depresi, dalam arti kata banyak manfaat konsumsi makan ikan.

Pemerintah Kota Dumai menyambut baik terbentuknya FORIKAN di Kota Dumai tersebut dan meletakkan beban tugas yang berat dalam pundak seluruh pengurusnya, serta berharap konsumsi ikan masyarakat Kota Dumai meningkat secepatnya.(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>